Selasa, 28 Februari 2017

Rusaknya Moral Para Blogger Sekarang

Tulisan ini saya tujukan untuk para blogger yang nakal, yang ambisinya hanya mencari trafik dan uang tanpa memikirkan pembaca dan tanpa memikirkan kenyamanan seseorang dalam menikmati internet.

Blogger merupakan kegiatan menulis artikel yang sebenarnya tujuan awalnya untuk memberikan informasi atau sekedar hobby, Dimasa dulu blogger dijadikan tempat untuk menulis seperti diari atau uneg uneg yang sekarang uneg uneg banyak ditulis di facebook namun menuliskan uneg uneg kita di media publik bukanlah hal terpuji dan hal ini termasuk mempermalukan diri sendiri. Karena dulu belum ada program adsense dan terbatasnya fitur blogger jadi yang menggunakan blogger hanya orang tertentu yang benar benar hobby saja dengan menulis.

Semakin kesini kegiatan blogger berubah drastis yang awalnya cuma hobby menjadi kegiatan marketing dan mencari uang. Dari berbagai aliran blogger dari yang personal blog hingga yang menggunakan blog sebagai media berita. Saya sendiri bukan blogger lama namun saya sedikit suka memperhatikan blog blog lama yang terkesan klasik dari berbeda jauh dengan blogger sekarang yang tujuannya tentu berbeda. Jika teman teman ingin melihat tampilan blog lama teman teman bisa memakai  url yang berawalan angka 1-100 atau a-z denga domain blogspot.com. Perhatikan perbedaannya dulu dan sekarang, dan jika beruntung temam teman akan menemukan tulisan gaul jaman dahulu yang bisa dibaca pada zaman tersebut atau pemuda pemudi jaman tersebut.

Sekarang mari kita bahas apa saja kenakalan para blogger sekarang. Jika teman teman berada di facebook atau tepatnya digroup facebook akan menemukan spammer facebook yang memberikan berita sensasi yang bikin gerah sekali, kebanyakan isinya berisi seputar politik dan hoax. Kemarin saja ada artikel blog nakal hoax meenyebarkan aib orang lain dari artis maupun orang lain padahal itu tidak jelas kebenarannya dan cenderung hoax. Dan yang tahap mengerikannya yaitu berita kematian public figur yang awalnya saya mikir ini benaran apa tidak, dan tau tau artisnya nongil di TV. Bukankah hal ini sungguh miris, hal ini sebenarnya berdampak negatif bagi orang yang bermain jujur semisal menjual produk di website namun pengunjung enggan ngeklik karena takut ditipu.

Tapi dipikir pikir maraknya bloger nakal ini tak lepas dari pengeshare yang hanya main share tanpa teliti terlebih dahulu, kurangnya ketelitian dan asal main share hal ini yaang membuat blogger nakal ini kebanjiran trafik dan kebanjiran share yang kadang kadang masuk di wall facebook saya, biasanya hal ini langsung saya report ke fb dan saya blockir linknya biar tidak nongol lagi. Sikap pengeshare seperti ini sebenarnya tidak bagus, alangkah baiknya dibaca terlebih dahulu diteliti terlebih dahulu sehingga info info hoax tidak tersebar. Walaupun isnya baik untuk kita namun hoax, itu sama juga mempermalukan diri sendiri dan dampak buruknya facebook kita bisa ikut terblockir karena direposrt seseorang.

Mengenai kasus ini, sungguh sangat miris bukan. Solusi untuk sekarang yang bisa saya lakukan hanya mereport link webnya kefacebook dan memblockir dengan harapan url tersebut diblockir pihal facebook. Teman teman juga bisa mengikuti cara ini untuk mengurangi website blogger nakal tersebar luar dan meluasnya berita berita hoax.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar